La Masia - Tempat Pelatihan Akademi Muda El Barca

Bangunan La Masia
La Masia de Can Planes biasa di singkat menjadi La Masia adalah sebuah tempat pelatihan atau sekolah akademi muda FC Barcelona yang terletak di dekat Camp Nou dalam Les Corts distrik Barcelona.

Bangunan gedung dari La Masia ini adalah tempat tinggal negara kuno yang dibangun pada tahun 1702, dan sewaktu stadion Camp Nou  diresmikan pada tahun 1957, bangunan ini direnovasi dan diperluas untuk digunakan sebagai markas klub sosial. Dengan ekspansi secara bertahap, karena bangunan La Masia terlalu kecil untuk menjadi kantor pusat FC Barcelona, pada tanggal 20 Oktober 1979, La Masia diubah menjadi asrama untuk pemain muda FC Barcelona.

La Masia telah megeluarkan lebih dari 300 pemain muda, dan telah di akui sejak tahun 2002 sebagai salah satu yang terbaik di dunia, menjadi faktor signifikan dalam keberhasilan Eropa FC Barcelona serta keberhasilan tim nasional Spanyol di Piala Dunia FIFA 2010 . Pada tahun 2010 La Masia mencapai kehormatan memecahkan rekor menjadi akademi pertama yang memiliki ketiga finalis untuk Ballon d'Or dalam satu tahun yang sama, dengan Andrés Iniesta, Lionel Messi dan Xavi Hernandez.

No comments:

Post a Comment