3 Pemain Barcelona Absen Setelah Jeda Pertandingan Internasional

Penulis: Lee

BADAI cedera kembali mendera Barcelona pada saat bergulirnya laga internasional.  Tercatat terdapat 3 pemain yang akan absen untuk beberapa pertandingan mendatang antara lain Jordi Alba, Andres Iniesta dan Alexis Sanchez.

Jordi Alba


Jordi Alba akan absen pada laga melawan Getafe.  Pemain yang direkrut dari Valencia itu absen karena menderita flu berat.  Flu tersebut kemungkinan sudah dirasakan Alba ketika dia tampil di laga uji coba melawan Arab Saudi Jumat lalu (7/9) serta pertandingan kualifikasi Piala pada Selasa (11/9) di Georgia.

Alexis Sanchez
Alexis Sanchez juga akan ditepikan saat pertandingan melawan Getafe karena cedera sobek otot kecil di paha kirinya. Cedera tersebut didapat pada pada saat ia membela Chile melawan Kolombia di kualifikasi Piala Dunia 2014 2014 zona Conmebol, Selasa (11/9).

Penyerang sayap 23 tahun ini mengalami cedera pada akhir babak kedua pertandingan melawan Kolombia sehingga harus digantikan. Adapun Chile harus mengakui keunggulan Kolombia 3-1 pada pertandingan itu.  Dan Chile kini berada di posisi 5 klasemen sementara kualifikasi PD 2014 zona CONMEBOL. 
Alexis sendiri diprediksi bakal pulih saat Barcelona melakoni laga melawan Spartak Moskva dalam pertandingan Liga Champions melawan pertengahan pekan depan. Namun, itu semua menunggu perkembangan sang pemain.


Andreas Iniesta


Sedangkan Iniesta, dipastikan absen maksimal selama dua pekan (15 minggu) akibat cedera yang dialaminya di kualifikasi Piala Dunia 2014.  Pemain yang baru saja dianugerahi penghargaan dari UEFA sebagai pemain terbaik Eropa tersebut, mengalami cedera otot pada kaki kanan ketika Spanyol mengalahkan Georgia 1-0 di laga kualifikasi Piala Dunia 2014 Rabu lalu (12/9).  


Iniesta harus absen selama sepuluh hari, sehingga dia tak bisa tampil ketika Barca-julukan Barcelona melawat ke Getafe Minggu ini (16/9) dan ketika menjamu Granada sepekan kemudian.  Tak hanya di Primera Division. Iniesta juga harus absen ketika menghadapi Spartak Moscow di laga perdana fase grup Liga Champions Rabu mendatang (19/9).

"Iniesta mengalami cedera pada otot kaki kanannya.  Dia mungkin bakal absen selama 10 hingga 15 hari," demikian keterangan juru bicara Barcelona seperti dikutip situs resmi klub. 

Jika melihat statistik, seperti yang dipaparkan harian Marca, ada ancaman serius bagi Barca jika Iniesta tak ada. Tercatat, dalam delapan tahun sejak pria kelahiran Fuentealbilla memperkuat Barcelona, Iniesta telah absen dalam 50 pertandingan. Dari jumlah laga tersebut, kehilangan 53 poin dari 150 angka yang mungkin diraih. Ini setara dengan 11 kekalahan dan sepuluh hasil imbang. Jika dibuat rata-rata, 22% laga Barcelona yang dilalui tanpa Iniesta, berujung pada kekalahan.

Hal ini bisa menjadi pemompa semangat bagi dua hingga tiga lawan Barca ke depan. Mereka adalah Getafe, tim yang mempecundangi Real Madrid pada pekan kedua Liga Spanyol musim ini. Selanjutnya, ada Spartak Moskow yang menanti di Liga Champions. Terakhir, mungkin saja Iniesta masih absen ketika Barcelona menjamu Granada di Camp Nou pada pekan kelima La Liga.

Sepanjang musim ini sendiri, Iniesta sudah tampil dalam 5 pertandingan Barcelona. 3 di antaranya sebagai starter. Pemain Terbaik Eropa musim 2011-2012 ini mengumpulkan 308 menit. Sementara itu absennya Don Andres sendiri dapat membuka jalan bagi Cesc Fabregas untuk membuktikan kualitas mantan kapten Arsenal ini. Sebelumnya, penampilan Cesc di awal musim dinilai kurang memberi dampak.



Tetapi beruntunglah, ada kabar baik yang disampaikan oleh Klub Barcelona mengenai kondisi Carles Puyol, yang mengalami patah tulang pipi saat melawan Osasuna, dia telah diberikan izin medis untuk bermain melawan Getafe. Meskipun harus memakai Pelindung Muka, ia juga termasuk salah satu dari 21 pemain yang berlatih pagi kemarin di Ciudad Deportiva. Selain itu terdapat juga nama seperti Andreu Fontàs dan Jonathan dos Santos, semua orang tersebut akan bepergian ke Coliseum Alfonso Pérez, total terdapat 17 anggota yang tersedia tim pertama ditambah Barca B Tello dan Deulofeu. (lee)

No comments:

Post a Comment